Setyoturnawanto’s Weblog

politik

Posted on: November 9, 2008

154905p Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menyatakan, 50 tahun hubungan Indonesia Jepang mempunyai warna tersendiri. Kedua bangsa selama ini, bukan hanya telah menikmati hubungan yang sebaik-baiknya di berbagai bidang politik, ekonomi dan sosial. Akan tetapi, juga mampu mengatasi bersama-sama berbagai masalah yang muncul.

Oleh sebab itu, hubungan kedua negara telah mendatangkan manfaat dan peluang yang besar untuk memperluas dan memperkuat kerjasama di bidang-bidang lainnya seperti teknologi dan lainnya.

Demikian disampaikan Wapres Kalla saat menutup acara Indonesia-Japan Expo 2008 di Arena Pekan Raya Jakarta di Kemayoran, Jakarta, Minggu (9/11) sore tadi. Pameran yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Sabtu (1/11) lalu, diselenggarakan oleh penerbit surat kabar, harian Kompas bersama harian ekonomi Jepang, Nikkei.

Acara yang merupakan kontribusi nyata dalam perayaan 50 tahun persahabatan Indonesia dan Jepang, diikuti 100 lembaga pemerintah dan swasta serta dihadiri lebih dari 150.000 pengunjung. Pada acara penutupan, yang antara lain menampilkan Festival Tradisional Jepang, tiket yang disediakan panitia habis sehingga pengunjung akhirnya diizinkan gratis menghadiri pameran.

Dalam acara itu, Wapres Kalla sama sekali tidak didampingi satu pun menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Ia hanya ditemani Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang Rachmat Gobel dan Dubes Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri. Acara itu dihadiri pula oleh Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Agung Adiprastio dan Pemimpin Redaksi Kompas Bambang Sukartiono.

“50 tahun hubungan Indonesia Jepang, sungguh hubungan yang sangat bermanfaat. Indonesia Jepang termasuk negara yang sejak awal memiliki hubungan di semua bidang, politik, ekonomi dan sosial. Hubungan tersebut telah memberikan warna tersendiri dalam peningkatan hubungan antarkedua negara. Karena itu, hubungan tersebut telah memberikan manfaat pada hubungan kedua bangsa,” tandas Kalla.

Menurut Kalla, hubungan perdagangan setiap tahun semakin meningkat. Bagaimana juga kedua bangsa ini benar-benar telah menikmati hubungan yang sebaik-baiknya. “Bahkan, juga mengetahui bagaimana mengatasi masalah-masalah yang timbul secara bersama seperti hari ini dan di masa-masa datang,” tambah Kalla.

50 tahun sebagai modal

Sementara, menurut Rachmat Gobel, suksesnya sejumlah kegiatan yang terkait dengan perayaan 50 tahun hubungan Indonesia Jepang, bukanlah sukses dari segala-galanya. “Akan tetapi, awal dari sukses 50 tahun yang akan datang yang akan dibangun bersama oleh kedua negara,” kata Rachmat.

Dikatakan Rachmat, modal 50 tahun hubungan kedua negara, diharapkan dapat membangun semangat dan untuk memperluas dan memperkuat kerjasama dan hubungan lebih baik lagi. “Ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) baik bagi pemerintah, pengusaha, mahasiswa dan masyarakat lainnya,” lanjut Rachmat.

Adapun Kojiro Shiojiri dalam sambutannya yang disampaikan dalam bahasa Indonesia, menyatakan rasa terima kasihnya terhadap bangsa Indonesia.

Sebelum menutup pameran, Wapres Kalla yang didmapingi Ny Mufidah Jusuf Kalla meninjau sejumlah stand pameran produksi otomotif Jepang seperti kereta api cepat Shin Kan Shen, serta stand harian Kompas dan Nikkei.

Dalam kesempatan itu, Wapres Kalla juga memuji penyelenggaran Indonesia-Japan Expo 2008 yang dinilainya sangat menarik. “Ini pameran yang sangat menarik, yang memberikan pada kita semua pandangan bahwa apa yang telah dilakukan bersama dan apa yang akan dibuat di masa datang, telah menunjukkan kemajuan-kemajuan yang menjadi cita-cita kita,” ujar Kalla.

Antusiasme pengunjung dalam pameran tersebut, juga dinilai Wapres Kalla menunjukkan antusiame masyarakat melihat kemajuan hubungan kedua negara dan ketertarikan terhadap teknologi di masa datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tak ada
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: