Setyoturnawanto’s Weblog

arkeologi

153624pSiapa menyangka seorang anak kecil menjadi orang yang paling beruntung dalam perburuan fosil di Gloucestershire, Inggris. Emilia Fawbert yang masih berumur 5 tahun menemukan fosil seekor badak purba (Diprotodon optatum) bersama ayahnya James (33).

Fosil yang ditemukan Emilia dan ayahnya adalah bagian tulang belakang atlas, yang merupakan tulang di bawah kepala seekor badak purba. Tulang tersebut kini telah dibersihkan dan dibungkus sebelum didonasikan kepada sebuah museum.

Emilia turut serta bersama ayahnya dalam kelompok pemburu fosil yang melakukan penggalian di daerah kaya fosil di Taman Air Cotswold, dekat Cirencester, Glucestershire, Inggris pada 26 Oktober. Dalam perburuan yang melibatkan 75 orang itu ditemukan sejumlah fosil penting antara lain rusa dari zaman es dan belemnit, sejenis cumi-cumi yang hidup pada Periode Jurassic sekitar 150 juta tahun lalu.

Berambut

Sosok badak purba yang hidup sekitar 50.000 tahun lalu mungkin tak seperti badak modern. Tubuhnya tidak diselubungi kulit yang keras melainkan dipenuhi bulu seperti mammoth yang merupakan saudara tua gajah.

Hal tersebut dapat diketahui dari fosil serupa yang ditemukan tahun 2004 di tempat yang sama. Fosil tersebut ditemukan Dr Neville Hollingworth, seorang paleontolog yang juga memim

Piramid Baru Ditemukan di Mesir

224337pSebuah piramid baru yang diperkirakan berusia 4300 tahun ditemukan dalam penggalian di gurun pasir Mesir. Piramid tersebut diduga makam Ratu Sesheshet, ibunda Raja Firaun Teti yang merupakan peletak dinasti keenam Mesir.

“Ini mungkin piramid sekunder paling lengkap yang ditemukan di Saqqara,” ujar Zahi Hawass, Kepala Dewan Purbakala Mesir (SCA). Temuan tersebut merupakan piramod ketiga yang ditemukan di sekitar piramid utama Teti dan piramid kedua yang ditemukan di Saqqara sepanjang tahun ini.

Para arkeolog menemukan reruntuhan piramid tersebut di bawah pasir pada kedlama 7 meter. Mereka berhasil mengidentifikasi struktur pondasinya dan mengukur bahwa kemiringan sudut dinding penutupnya sebesar 51 derajat. Dengan perkiraan tersebut, para arkeolog Mesir dapat memperkirakan bahwa tinggi piramid sekitar 14 meter. Sementara luas pondasinya sekitar 22 meter persegi.

Kawasan tempat ditemukannya piramid tersebut belum pernah digali sebelumnya. Para arkeolog yang telah melakukan penggalian di kawasan tersebut selama 20 tahun tidak menyangka daerah yang dikira hanya hamparan pasir ternyata merupakan kuburan sebuah piramid.

Meski demikian, para pencuri sepertinya sudah lebih dulu mengatahui keberadaan piramid tersebut. Sebab, saat ditemukan, sudah ada lubang yang mungkin dibuat para pencuri untuk masuk ke ruang makam Ratu Sesheshet untuk menguras hartanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tak ada
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: